Latest Posts

TIPS: Mudik Aman dan Nyaman

By 10:48:00 AM ,

Selamat puasa teman teman! Tapi ngga terasa ya bulan Ramadhan tahun ini akan segera berakhir. Kira-kira tinggal 4 hari lagi lalu kita merayakan Idul Fitri! Oh iya, mohon maaf lahir batin untuk semua kesalahan yg disengaja maupun tidak sengaja. May Allah blessing always upon you and your family, aamiin.
Selain Idul fitri, bagi para perantau seperti kami, mudik adalah satu hal yang dinanti-nanti. Pulang ke kampung halaman, bertemu keluarga besar, bertemu teman-teman lama yang juga se kota, surely we wouldnt miss it! Tapi banyak hal yang kadang membuat orang bete ketika mudik, entah tiket mahal, jalanan macet, atau semua bandara dan stasiun jadi seperti pasar. But don you worry honey, we have few tips and tricks that will make your mudik more enjoyable (But Mostly for plane and train user)


1. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari
Hal ini berlaku untuk kereta ataupun pesawat. Apalagi kereta ya, karena tiket kereta bisa dibeli 90 hari sebelum perjalanan. Kalian harus standby di web PT KAI untuk berebut tiket online. Kalau kalian bisa cuti 1 atau 2 hari sebelum hari terakhir kerja, kesempatan mendapat tiket akan lebih besar, karena orang akan selalu memilih hari terakhir kerja atau sehari sesudahnya untuk mudik. Untuk pesawat, better booked it early, karena harga semakin tinggi jika mendekati hari H. Tetapi tidak selalu mahal, terkadang malah dekat dengan hari H harga tiket menjadi lebih murah. Tapi tidak akan berbeda jauh dengan harga tiket di jauh-jauh hari. So better prepare you ticket 2 or 3 months ahead. 

2. Pilih Maskapai Premium
Jika kalian mudik dengan pesawat, you'll know the struggle with long delay. Entah delay di waiting room atau delay saat akan take off. It's not the happiest thing in the world, the worst perhaps. Jadi, pilih maskapai premium untuk menghindari delay panjang. Selain menghemat waktu, tenaga dan emosi, harga tiket maskapai premium dan ekonomi tidak akan terlalu jauh berbeda di saat mudik lebaran. Kembali lagi ke tips pertama, beli tiket jauh-jauh hari.

3. Pilih Penerbangan Pagi atau Siang
Selain jalanan tidak terlalu macet, chance delay juga tidak akan terlalu lama seperti kita pilih penerbangan sore sampai malam hari. 

4. Packed Lightly
Mudik berarti kita membawa banyak barang atau oleh-oleh untuk keluarga. Jika bawaan kita banyak, kita harus mangantri untuk baggage claim setelah mendarat. Ketika musim mudik, mengantri baggage claim bisa 2-3 kali lebih lama dari waktu normal (apalagi di bandara Bandung, they only have one baggage claim for entire airlines, how was it? DISASTER). Kalau kalian akan banyak membawa oleh-oleh, paketkan saja ke rumah kamu seminggu sebelumnya. So you wont bring heavy baggage all over airport or station. Dan meminimalisir kehilangan dan kelupaan bawa.

5. Check Your Car Before.
Jika kalian mudik menggunakan mobil, dont forger to check everything in your car. Buat reservasi atau servis 1-2 minggu sebelum mudik. Karena weekend terakhir sebelum mudik adalah waktu paling ramai tempat servis di seluruh Indonesia. You need to queue 5 hours.

6. Do Come Early
Karena the early bird gets the worm. Kita tidak tahu di perjalanan menuju airport atau stasiun ada sesuatu hal yang membuat macet luar biasa. We cant predict Jakarta's traffic. Better come early than sorry, right. Ketika harus checkin, kita tidak perlu antri terlalu lama. I usually stroll around the airport if i came too early, or just bring book you haven't read.

7. Cari Spot Tempat Duduk Dekat Rombongan Keluarga
Ini salah satu andalan saya jika berpergian sendiri. Ketika menunggu kereta atau pesawat boarding saya akan mencari tempat duduk dekat rombongan keluarga. Sure, sometimes they would really chatty and noisy tapi ada sedikit rasa aman dari pada duduk bersebelahan dengan stranger. People would recognize you one of the family member.

8. Bring Headset or Books
Kalau kalian ingin lebih suasana tenang bawa kedua barang ini. Karena akan memberi kode ke orang lain "DO NOT TRY TO TALK TO ME". Apalagi di bandara sekarang banyak wifi gratis yang bisa digunakan untuk browsing dan streaming youtube.

9. Wear Your Most Comfortable Clothes and Shoes.
Kadang saya geli dengan mba mba yang suka pakai high heels saat akan mudik. Like you're trying to murder someone when you accidentally being stepped on. Wear something comfortable, karena bandara atau stasiun akan lebih sumpek dan panas karana orang lebih ramai.

10. Berdoa
I should write this down on the first tips haha but nevermind. Semua dipasrahkan saja ke Allah. Niat mudik adalah berkumpul dengan sanak saudara,which a decent will. Jadi semoga dilancarkan dan diberi kesabaran di jalanan yang macet dan delay pesawat aamiin!

Kalau kalian punya tips dan trick yang lain, boleh share di comment. Selamat mudik ya, hati-hati di jalan!

Love,
Sza

You Might Also Like

0 comments