Latest Posts

Umroh dengan si Kecil

By 11:48:00 PM

Alhamdulillah tapi ini dadakan banget dan persiapan cuma 2 minggu.. kali ini ekstra.. Ekstra bawaan, ekstra tenaga, ekstra sabar, ekstra pikiran, ekstra semuanya.



Supaya luas, H-2 sebelum flight bisa city check in pilih kursi yang depan

Jadi awalnya cuma mertua yang berangkat, jadi lebaran tahun ini di surabaya aja rencananya, udah sante ga bakal ada mudik bersama si krucil Rayyan. Tiba-tiba Allah kasih rencana lain. Beberapa hari sebelum mertua berangkat, anak cucunya jadi diajak semua, buru-buru kirim paspor, KK, akte, dll buat diurusin visanya. Ngga dapat koper, baju ihram, buku panduan dll. Seragam pun jaitin mepeeet dan dicukup-cukupin buat bertiga. 

H-2 sebelum lebaran kami tiba di Mekkah, ambil miqat di pesawat karena langsung umroh nanti pas sampe Mekkah. Jadi pas anak lagi tidur, dijagain mertua kurang lebih 3 jam. Udah ngga mikir gimana kalo bangun nyari aku. Bismillah tok.. ehh ga bangun sampe selesai dong.. aman..

Tapi ada hal yang tidak kuharapkan terjadi. Si Rayyan malem lebaran KO. jengjeng..
Masuk angin muntah semaleman. Hiks... pas lebaran lemes kasian amat. Jadi agak rewel gitu sholat ga mau ditaruh maunya digendong. Alhamdulillah cuma lemes 2 hari aja.

Kegiatan bersama Rayyan:
1. Sholat. 
Sholat kalau anaknya bangun aku ajak jamaah di masjid/mushola hotel/pelataran. apalagi kalo pas rewel jadi sambil gendong anak pastinya lebih berat. kalau anaknya tidur, ya sholat di dalam kamar. Sholat malem sampai subuh di masjid juga nggak sama sekali karena anaknya masih tidur.. heeehe
2. Umroh
Umroh pertama ninggal anak yang lagi tidur, yang kedua umroh lagi ngajak anak biar tau. Tapi karena ga sanggup nggendong sambil tawaf dan sai, nyewa e-bike. Ini recommended banget buat ibu hamil, anak-anak, lansia. Areanya di lantai 3. Harganya 200 real (tawaf & sai) untuk 2 orang atau kalau mau sendirian bisa juga 100 real/orang.





Stroller / gendongan?
Jadi aku bawa semuanya. Haha walopun aku baca stroller ga boleh masuk masjidil haram, tapi aku jaga2 aja ternyata berguna.

1. Stroller
Jelas ga kepake di Mekkah. Tapi kepake banget di Madinah, karena boleh masuk sampe pelataran terus diparkir. Pas jalan-jalan belanja juga berguna banget buat cantolan sekalian. Di airport aku pake sampe masuk dalem pesawat / keluar dari pesawat. Jadi dilipet dibuka di pesawat.
2. I-angel
Kepake pas tawaf, jalan-jalan, dll. Tapi kalo kelamaan dipake jadi keringetan anaknya. Pernah dipake tawaf bajunya basah kuyup.
3. Baba sling: 
Buat gendong samping, nidurin anak, gendong sambil sholat, lebih ringkes tapi berat sebelah.





Jadi ingat 2 minggu sebelum berangkat, pas tiket udah di issued, ternyata aku hamil 4 weeks, pikiran ga tenang banget. Pergi jauh bawa anak yang cuma mau sama Uminya, dalam keadaan hamil gimana ya kira-kira.. konsultasi ke obgyn juga ga yakin ngasih ijin terbang karena hamil muda. beberapa hari setelah kontrol malah pendarahan. Bedrest pun ga maksimal kepikiran mau berangkat, yang ngurusin Rayyan siapa, dll, dll :D
Kayak udah takdir sih tapi flek pendarahannya bersih dan USG dinyatakan rahim udah kosong 3 hari sebelum berangkat. Jadi ibadah sudah tanpa pembalut, tanpa takut keguguran di sana, tanpa takut capek, tanpa takut kenapa-kenapa (menghibur diri) :)





You Might Also Like

3 comments

  1. alhamdulillah. Barakallu ya kak. Semoga bisa ikut juga beribadah umroh idul fitri tahun ini ya kak. aamiin

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat menarik sekali Semoga dengan tulisan ini bisa menginspirasi dan memberikan informasi yang terbaik buat teman teman pembaca, salam kenal dari kami

    Biro Umroh Solo
    Paket Umroh Solo Semptember 2019
    Paket Umroh Solo Oktober 2019
    Paket Umroh Solo November 2019

    ReplyDelete
  3. Informasi nya sangat menarik kak. Semoga kakak bisa di segerakan pergi umroh dengan memesan paket umroh plus turki cairo ya kak. aamiin

    ReplyDelete